Tips Menjaga Diri di Luar Rumah Saat Pandemi Corona

  • Whatsapp
Tips-Menjaga-Diri-di-Luar-Rumah-Saat-Pandemi-Corona
Foto dari Canva Photos Unlimited

Di saat pandemi virus corona seperti sekarang, masyarakat diharapkan dapat lebih berhati-hati untuk mencegah penularannya. Virus covid19 ini termasuk jenis virus influenza yang menyerang sistem pernafasan. Cara penularannya pun sangat mudah yaitu melalui droplet penderita yang dapat terhirup langsung oleh orang sehat. Selain itu virus juga bisa menempel pada permukaan benda yang terkontaminasi dan dengan bantuan tangan yang menyentuhnya, ia bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi. Hingga kini kasus covid19 sudah mencapai lebih dari 1 juta jiwa di seluruh dunia dan mengakibatkan lebih dari 80.000 jiwa meninggal dunia.

Pandemi covid19 juga dirasakan di Indonesia. Meski pemerintah tidak menetapkan lockdown di dalam negeri namun berbagai kebijakan telah dilakukan untuk mencegah penyebaran covid19 yang sangat massif. Di Jakarta sendiri yang menjadi epicentrum penyebaran covid19 dalam negeri, telah memberlakukan prosedur PSBB dimana kegiatan masyarakat menjadi sangat dibatasi. Meski begitu masyarakat masih bisa beraktivitas di luar rumah khususnya untuk bekerja karena ada beberapa jenis pekerjaan yang tetap harus buka dan melayani masyarakat lainnya. lalu bagaimana caranya agar saat berada di luar rumah, tubuh kita terhindar dari paparan virus covid19?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat berada di luar rumah untuk menjaga diri dari corona:

1.Hindari menyentuh benda di sekitar.

Saat Anda bepergian, kadang kala harus menyentuh benda yang menjadi benda umum seperti tombol lift, pegangan tangga, saklar, dan lainnya. Sebisa mungkin jangan gunakan tangan Anda namun gunakan siku, atau cotton bud sekali pakai. Tetapi jika Anda terpaksa menyentuhnya, segera cuci tangan untuk membunuh virus yang mungkin saja ada.

2. Jaga jarak.

Jika harus bertemu dengan orang lain atau berkomunikasi, jaga jarak minimal 1 meter sehingga droplet saat seseorang bicara tidak bisa Anda hirup. Selain itu hindari kerumunan orang atau terapkan social distancing karena Anda tidak pernah tahu apakah ada carrier di dalam kerumunan tersebut.

3. Perhatikan ponsel.

Setelah menggunakan ponsel, seringkali kita meletakkannya di meja atau di tempat yang sering disentuh lainnya. sebaiknya hal ini dihindari karena bisa saja di meja tersebut terdapat virus covid19. Sebaiknya setelah digunakan, masukkan kembali smartphone ke dalam satu atau tas.

4. Hindari kontak fisik.

Saat bertemu seseorang, hindari kontak fisik seperti salaman atau menyentuh lainnya. Gunakan komunikasi verbal seperti biasa dan saling mengingatkan untuk keamanan.

5. Hindari penggunaan alat transportasi umum.

Lebih baik menggunakan kendaraan sendiri saat keluar rumah. Namun jika Anda harus menggunakan alat transportasi umum, jaga jarak dengan penumpang lainnya dan tidak usah memegang tiang atau dinding alat transportasi tersebut.

6. Bersihkan diri sesampainya di rumah.

Setelah sampai di rumah, jangan langsung menemui keluarga. bersihkan diri Anda terlebih dahulu dengan mandi dan ganti pakaian. Bersihkan juga barang-barang yang dibawa dengan memakai cairan desinfektan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika masih harus beraktivitas di luar rumah saat wabah corona. Dengan peran serta masyarakat, diharapkan penularan dapat ditekan sehingga jumlah kasus covid19 segera menurun. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Saat Anda merasakan gejala sakit, jangan panik dan segera konsultasikan dengan dokter. Untuk memudahkan Anda mengatur janji dengan dokter, gunakan aplikasi Halodoc untuk mengatur jadwal pertemuan sehingga Anda tidak terlalu lama keluar rumah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *