Pentingnya Cek Kondisi Ban Sebelum Berpergian, Apa Saja Langkahnya?

Pentingnya-Cek-Kondisi-Ban-Sebelum-Berpergian-Apa-Saja-Langkahnya
Foto dari Canva

Memberikan perlindungan kepada diri sendiri merupakan hal yang patut untuk diperhatikan. Maka dari itu, tidak salah jika kini Anda mulai mencari perlindungan berupa asuransi kecelakaan diri, terutama bagi Anda yang gemar berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tentu dengan memberikan perlindungan ekstra perjalanan Anda terasa lebih aman dan nyaman dan terlindung dari beraga risiko yang tidak diinginkan.

Selain berupa asuransi kecelakaan diri yang bisa Anda beli secara online dan terpercaya di halaman berikut, https://www.msigonline.co.id/kecelakaan-diri, Anda juga wajib memastikan kendaraan yang Anda tunggangi dalam kondisi prima. Salah satunya dengan rutin memeriksa kondisi ban kendaraan Anda dengan seksama sebelum berpergian. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mengecek kondisi ban, simak ulasannya sebagai berikut.

  • Periksa tekanan angin

Hal pertama yang harus Anda periksa adalah, tekanan angin pada ban mobil kendaraan Anda. Sebetulnya, pemeriksaan tekanan angin pada ban bisa Anda lakukan satu bulan sekali, namun akan lebih baik jika Anda memeriksa kondisinya paling tidak dua minggu sekali. Hal ini lantaran jika, tekanan angin pada ban tidak sesuai (kurang tekanan angin atau berlebih) dapat menimbulkan efek buruk bagi kondisi ban secara keseluruhan. Misalnya handling ban yang akan semakin berat, daya cengkram ban atau daya pengereman yang samakin berkurang hingga respon ban yang lambat sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan. Selama pengecekan, pastikan tekanan ban sudah sesuai standar atau disesuaikan dengan besaran muatan, dan lakukan pengecekan pada saat kondisi ban sedang dingin.

  • Cek apakah ada benda asing yang menempel

Pengecekan berikutnya adalah memerika apakah adanya benda asing yang menempel di permukaan ban. Benda asing yang dimaksud bisa berupa batu kerikil, paku-pakuan ataupun belong. Keberadaan benda asing yang menempel tersebut tentu akan merusak alur ban dan pastinya memperburuk kondisi ban sehingga ban tidak lagi layak pakai. Lakukan pengecekan sesaat sebelum berangkat atau berkendara agar Anda dapat mengatisipasi lebih cepat jika ban nantinya pecah atau kempes.

  • Memastikan kondisi fisik ban

Terakhir yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi fisik ban. Bukan hanya memeriksa apakah adanya benda asing yang menempel saja, namun Anda juga harus mengecek kondisi fisik ban yang Anda gunakan. Kondisi fisik tersebut meliputi apakah adanya guratan atau sobekan pada ban, serta bagaimana kondisi alur ban. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui lebih awal apakah adanya tanda keausan pada permukaan ban. Jika memang terlihat bahwa ban sudah mulai ‘botak’ ada baiknya Anda segera mengganti dengan ban yang baru untuk menghindari ban tergelincir akibat menurunnya daya cengkram ban terhadap aspal jalanan.

Itu dia beberapa langkah pengecekan ban yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum berpergian dengan kendaraan pribadi Anda. Teliti melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban Anda tentu dapat mengurangi risiko kecelakaan disetiap perjalanan, sehingga selalu luangkan waktu sebelum berangkat, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.