Medical Check Up: Manfaat dan Jenisnya

  • Whatsapp
Medical-Check-Up-Manfaat-dan-Jenisnya

Medical check up menjadi tahap awal yang sering dilakukan oleh seseorang dalam melakukan proteksi diri. Banyak pandangan mengenai kenapa kegiatan tersebut harus dilakukan. Beberapa ahli menyatakan secara jelas bahwa pemeriksaan kesehatan secara rutin hanya akan membuang uang sekaligus tenaga. Namun, banyak juga dari mereka yang memberi pendapat bahwa dengan tindakan ini setidaknya orang mampu mengetahui kondisi tubuh secara jelas. Apakah kedua pendapat di atas salah? Tentu saja tidak. Para ahli yang memberi pernyataan bahwa pemeriksaan rutin hanya membuang waktu karena tindakan tersebut dianggap tidak mampu menghindarkan diri dari ragam gangguan kesehatan.

Lain cerita lagi ketika memang Anda masuk pada golongan ke dua. Dimana catatan kesehatan dijadikan sebagai petunjuk agar tetap berada pada aturan yang ada. Tepat! seperti yang diketahui bahwa psikis setiap orang berbeda-beda. Ada tipe yang begitu senang melihat hasil rekam medis. Ada pula tipe yang memikirkan hasil check up secara mendalam sehingga membuat dirinya ketakutan. Orang dengan kriteria kedua tentu lebih baik tidak melakukannya. Mereka hanya perlu melakukan konsultasi sewajarnya. Sebab, ketika ia stress tingkat ancaman kesehatan jauh lebih besar. Tentu saja hal ini bukan kabar menggembirakan.

pihak para peneliti sudah menghimbau bahwa dampak dari makanan adalah 70% bagi tubuh. 30% sisanya diisi oleh tuntutan untuk olah raga. Tidak heran jika terdapat ungkapan bahwa “Anda dimana depan adalah apa yang Anda konsumsi saat ini.”Ungkapan terkenal ini cukup menggambarkan bahwa konsumsi adalah peluang utama dari apa yang akan terjadi di masa depan. Ketika sekarang Anda begitu sibuk dengan rokok dan makanan cepat saji. Miom menjadi resiko besar yang akan berpengaruh untuk diri di masa mendatang. Bukankah fakta ini bukan sesuatu yang menggembirakan? Ketika Anda menjawab iya. Maka, mulailah untuk memperbaikinya dari sekarang.

Tidak perlu ngoyo. Cukup lakukan tindakan yang dibutuhkan oleh tubuh secara maksimal. Terutama perbaiki pola makan. Setelah itu, barulah konsepkan diri dengan pikiran positif. Lakukan bisikan kecil pada diri sendiri bahwa Anda tidak perlu memikirkan banyak hal yang menyebabkan timbulnya stress. Apalagi di era sekarang dimana efek dari kecanggihan teknologi yang membuat radikal bebas beterbangan secara luas. Kondisi kian miris ketika manusia masih saja santai dengan gaya hidup sembarangan. Mereka mengonsumsi makanan cepat saji setiap hari. Merokok, minum alkohol, sekaligus memanjakan diri dengan kegiatan yang tidak memerlukan gerak fisik secara signifikan.

Sedangkan secara garis besar rekam medis biasanya dilakukan untuk mengetahui 4 jenis kondisi. Mulai dari, tekanan darah, kolesterol, asam urat, sekaligus gula darah. Namun, ketika Anda melakukan lebih lengkap lagi biasanya para dokter memberi saran khusus. Hal itu dilakukan untuk mendapat hasil lebih akurat. Berikut ini jenis chek up tambahan:

  1. Mammograma merupakan pengecekan diri untuk mengetahui resiko dari kanker payudara. Peneliti dari Amerika menjelaskan bahwa pemeriksaan dilakukan setahun sekali.
  2. Berikutnya Papsmear yang digunakan sebagai skrining virus HIV, dan jenis pemeriksaan lainnya.

Medical check up bukan hanya langkah proteksi pada diri sendiri. Namun, kegiatan seperti ini setidaknya mampu menjadi pengingat agar tetap berada pada aturan hidup secara benar. Pada intinya, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan tubuh sejak awal. Jangan sampai karena gara-gara terpacu dengan hasil pemeriksaan. Anda melakukan hal ekstrim untuk mendapat hidup sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *