Intip 5 Ide Pekerjaan Part Timer yang Pas untuk Mahasiswa

Intip-5-Ide-Pekerjaan-Part-Timer-yang-Pas-untuk-Mahasiswa
Foto dari Canva

Ingin liburan ke Pulau Mandalika Lombok tapi uang tabungan sudah habis? Saatnya cari kerjaan part-time di sela libur kuliah. Selain bisa menambah uang tabungan, kamu juga bisa belajar banyak hal dari pengalaman part-time ini.

Ada beberapa pekerjaan part-time yang cocok untuk mahasiswa, seperti berikut:

Barista atau waiter

Hobi bertemu dengan banyak orang? Lowongan menjadi barista atau waiter part time bisa kamu jumpai di berbagai kafe dan restoran. Banyak mahasiswa dan fresh graduated yang melamar untuk mencari uang tambahan. Untuk menjadi barista, kamu bisa mempelajari skill membuat kopi yang enak sesuai dengan preferensi pelanggan. Sedangkan untuk menjadi waiter, fisik dan mental yang kuat sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai permintaan pelanggan.

Guru les

Bagi kamu yang menonjol dalam bidang akademis, menjadi guru les bisa dijadikan pilihan pekerjaan. Kamu dapat ikut bergabung ke dalam lembaga bimbingan belajar agar lebih terstuktur. Atau jika ingin pemasukan yang lebih besar, kamu bisa memasarkan sendiri dan membuka private class. Tentu untuk membuka private class membutuhkan usaha promosi yang lebih besar.

Tour guide

Untuk menjadi tour guide, kamu membutuhkan wawasan yang luas tentang pariwisata. Misalnya menjelaskan asal mula sejarah Pantai Kuta Mandalika terbentuk hingga kuliner menarik apa saja yang ada di dekat sana. Wawasan yang luas ini tentu harus dibarengi dengan skill berbicara di depan umum yang luwes dan eksplanatif.

Freelancer

Freelancer banyak dilirik mahasiswa untuk mencari uang tambahan. Bahkan jika dilanjutkan dengan serius, dapat menjadi pekerjaan utama yang penghasilannya lebih besar dari kerja kantoran, lho. Temukan apa bakat dan kemampuanmu sebelum memutuskan menjadi freelancer. Misalnya kamu memiliki bakat mendesain. Gunakan bakat ini untuk melamar di platform para pencari freelancer dan hasilnya bisa menjadi portfoliomu. Tak hanya desain, untuk kamu yang jago merangkai kata, programming, hingga input data, bisa melamar pekerjaan yang ada di platform freelancer.

Wedding organizer

Pekerjaan ini cukup seru dan tidak menyita waktu di hari kerja karena biasanya pernikahan diselenggarakan pada akhir pekan. Kamu bisa melamar pada wedding organizer untuk ikut bergabung menjadi bagian dari tim. Di dalam wedding organizer sendiri terdapat beberapa peran pekerjaan. Mulai dari bride assistant atau asisten pengantin yang bertugas menyediakan kebutuhan pengantin, stopper yang bertugas menyetop antrean salaman jika di atas panggung terlalu padat atau ada tamu VIP yang datang, usher yang bertugas menemani tamu VIP dari pintu masuk – panggung – hingga ke area makan VIP, dan lainnya. Untuk menjadi WO, kamu dituntut fisik yang kuat dan kesabaran yang tinggi dalam menghadapi keluarga pengantin dan tamu yang membludak. Biasanya WO bertugas dari mulai dari beberapa jam sebelum acara hingga MC menutup acara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.