7 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

  • Whatsapp
7-Jenis-Makanan-untuk-Meningkatkan-Produksi-Kolagen-dalam-Tubuh
Foto dari Canva Pro

Masih banyak yang ragu dan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih gunanya kolagen untuk muka kita? Kolagen adalah jenis protein yang diproduksi oleh tubuh manusia dan hewan. Tempat kolagen diproduksi berada di area otot, kulit dan pembuluh darah. Manfaat kolagen bagi tubuh adalah membuat struktur kulit lebih kenyal dan meregangkan kulit.

Produksi kolagen dalam tubuh semakin lama akan melambat seiring dengan pertambahan usia. Penurunan produksi tersebut akan terlihat pada kulit tubuh yang mengendur dan terlihat bergelombang atau tidak rata. Tentu saja hal tersebut dapat mempengaruhi tampilan tubuh, khususnya di bagian wajah. Jika mulai merasa produksi kolagen tidak berjalan optimal, sebaiknya secepat mungkin berupaya meningkatkan kandungan kolagen dalam tubuh.

Meningkatkan produksi kolagen dengan makanan

Jenis makanan tertentu ternyata dapat menjadi solusi meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Tapi makanan yang akan dikonsumsi harus diperhatikan kandungannya terlebih dahulu. Tidak perlu menunggu lama, berikut daftar 5 makanan yang berguna meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh:

1. Buah jeruk

Buah jeruk menjadi jenis buah yang kaya kandungan vitamin C. Dalam proses produksi pembentukan kolagen, vitamin C memiliki peran penting yang harus dipenuhi. Meningkatkan aktivitas makan buah jeruk atau buah yang kaya vitamin C lainnya dapat menjadi sumber utama pembentukan kolagen alami.

2. Sayuran

Makanan berjenis sayuran cenderung memiliki warna hijau yang menunjukkan kandungan klorofil di dalamnya. Klorofil merupakan salah satu zat pemicu kolagen sehingga membantu meningkatkan proses produksinya. Sebenarnya semua sayuran dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, namun bayam dan kale dapat menjadi rekomendasi sayuran yang dapat meningkatkan produksi kolagen secara siginifikan.

3. Daging ayam

Pembentukan kolagen berasal dari asam amino dalam tubuh. Daging ayam memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu produksi kolagen. Selain itu, dalam daging ayam memiliki banyak jaringan ikat sehingga mengandung lebih banyak kolagen. Sering menyantap hidangan ayam dapat mengoptimalkan gunanya kolagen untuk muka kita.

4. Ikan laut

Ikan juga menjadi makanan dengan kandungan asam amino tinggi. Bagian tubuh ikan juga memiliki kandungan kolagen yang baik, seperti pada tulang dan ligamen ikan. Selain itu, kulit ikan mengandung kolagen konsentrasi tinggi pada tipe 1. Fakta lain menyebutkan bahwa kolagen yang berasal dari hewan laut merupakan kolagen yang mudah diserap tubuh.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang yang memiliki kandungan kolagen tinggi berasal dari daging ayam, ikan dan sapi. Pembuatan kaldu tulang ini dilakukan dengan mendidihkan tulang hewan dalam air dan bertujuan mengekstraksi kolagen. Anda dapat mengonsumsi kaldu dari tulang hewan ini menggunakan nasi ataupun tanpa nasi.

6. Telur

Telur dapat menjadi solusi makanan untuk meningkatkan produksi kolagen. Putih telur mengandung prolin dalam jumlah besar. Prolin dapat membantu produksi asam amino sehingga turut mempercepat produksi kolagen dalam tubuh. Sedangkan bagian kuning telur memiliki kandungan kolagen yang cukup banyak.

7. Bawang putih

Bawang putih dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kandungan dalam bawang putih adalah sulfur yang dapat mempercepat sintesis kolagen sekaligus mencegah agar tidak mudah rusak. Sebaiknya Anda mengonsumsi bawang putih secara berkala daripada langsung memakan dalam jumlah banyak yang dapat membuat perut mulas.

Demikianlah jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Pastikan Anda tahu betul apa gunanya kolagen untuk muka kita agar tidak menyepelekan kebutuhan kolagen bagi tubuh.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *