5 Macam Pilihan Obat Untuk Tukak Lambung

  • Whatsapp

Sebagian besar obat untuk menangani tanda-tanda tukak lambung dapat dibeli di apotek paling dekat. Tetapi, beberapa macam obatnya cuma kemungkinan didapatkan dengan menebus resep dokter.

Berikut beberapa obat tukak lambung yang ada di apotek:

1. Obat antibiotik

Dokter akan memberi resep obat antibiotik yang bisa ditebus di apotek bila tukak lambung Anda dikarenakan infeksi bakteri H. Pylori.

Obat antibiotik yang paling biasa diresepkan untuk tukak lambung ialah amoxicillin, clarithromycin, serta metronidazole. Resikonya biasa dari antibiotik mencakup diare mudah atau muncul rasa logam di mulut. Tetapi, resikonya ini cuma bertahan sesaat.

Antibiotik untuk tukak lambung umumnya disarankan diminum seputar 4 minggu. Sesudah dosis habis, Anda akan diharuskan kembali pada dokter untuk memeriksa keadaannya; apa tanda-tanda lebih baik ataukah tidak ada pergantian. Sepanjang kontrol, dokter dapat mengecek apa masih ada bakteri H. pylori yang masih ada di perut Anda.

Bila ada, dokter akan memberi resep antibiotik yang berlainan.

2. H2 blockers

Seperti PPI, H2 blockers kerja kurangi jumlahnya asam yang dibuat lambung Anda.

Zat antagonis histamin (H2 blocker) direncanakan untuk memblok tindakan histamin pada sel lambung untuk kurangi produksi asam. Ranitidine ialah obat kelompok H2 blockers yang seringkali dipakai untuk menyembuhkan tukak lambung.

Resikonya penggunaan obat ini jarang ada, tapi kemungkinan terhitung diare, sakit kepala, pusing, ada ruam, kecapekan.

3. Antasida serta alginat

Antasida ialah obat untuk menetralisir karakter cairan asam yang dibuat lambung. Antasida harus diminum di waktu khusus, contohnya saat makan atau sebelum tidur, untuk menurunkan asam lambung yang naik.

Beberapa macam antasida memiliki kandungan obat yang disebutkan alginat. Alginat kerja membuahkan susunan pelindung pada dinding lambung hingga tingkatkan ketahanannya pada dampak cairan asam. Obat antasida yang memiliki kandungan alginat terbaik dikonsumsi sesudah makan.

Dua type obat tukak lambung ini dapat dibeli di apotek tak perlu menebus resep. Apoteker bisa memberikan pendapat mengenai mana yang paling pas untuk Anda.

Meskipun begitu, obat antasida tidak dapat terus menerus digunakan untuk menyembuhkan tanda-tanda tukak lambung. Resikonya dari ke-2 obat ini bisa berbentuk diare, kembung, serta kram perut, tetapi biasanya berskala mudah.

4. Obat protektan lambung

Anda dapat diresepkan obat protectant yang manfaatnya untuk melapisi dan membuat perlindungan borok dari asam serta enzim hingga gejalanya berkurang serta cepat pulih.

Biasanya dokter cuma memberi resep satu type obat pelindung seperti sucralfate untuk menurunkan tukak lambung. Tetapi jika sulfracate membuat Anda diare atau pusing tanpa ada fakta, dokter bisa merepkan obat pelindung lainnya.

5. Bismuth subsalicylate

Obat-obatan yang memiliki kandungan bismuth subsalicylate bermanfaat untuk melapisi tukak lambung serta melindunginya dari asam.

Bismuth subsalisilat bisa membunuh H. pylori, tetapi dokter akan meresepkannya bersama dengan obat antibiotik lain untuk menyembuhkan tukak lambung Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *