5 Cara yang Bisa Bantu Anda Turunkan Kolestrol Jahat

  • Whatsapp
5-Cara-yang-Bisa-Bantu-Anda-Turunkan-Kolestrol-Jahat
Foto dari Canva Pro

Banyak orang masih bertanya-tanya dan kebingungan tentang apa itu LDL. LDL adalah  low-density lipoprotein yang berarti lipoprotein rendah kerapatannya dan sering dikenal sebagai kolesterol jahat. Zat penyusun LDL ialah lemak dan sedikit protein. Tugas utama LDL membawa sekitar 60% hingga 80% kolesterol yang dihasilkan tubuh menuju darah.

Setelah melakukan tugasnya, LDL diserap oleh sel-sel dalam tubuh yang akan digunakan sebagai bahan pembuat sel dan hormon tubuh. Namun karena tidak semua kolesterol dalam LDL diperlukan, maka kolesterol yang berlebih harus dibuang di dalam darah. Hasil dari buangan kolesterol tersebut yang mengakibatkan plak dan radang dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol jahat

LDL dianggap sebagai kolesterol jahat karena proses penimbunan kolesterol dan lemak pada pembuluh darah manusia. Selain itu, LDL juga berbentuk kemasan kimiawi yang mudah lepas dan tidak stabil.

Ketika LDL masuk dalam dinding arteri dan lepas, kolesterol dan lemak yang tidak digunakan akan menumpuk dalam pembuluh darah. Tapi jangan khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menjaga berat badan ideal

Langkah pertama untuk menurunkan kolesterol jahat yakni dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Berat badan ideal dapat membuat tubuh bekerja sesuai porsinya.

Kelebihan berat badan akan membuat kerja anggota tubuh terlalu berat. Begitu juga saat tubuh memiliki berat badan kurang ideal akan membuat kinerja tubuh kurang optimal. Oleh karena itu upayakan untuk senantiasa memperhatikan pola hidup dan pola makan supaya berat badan tetap stabil.

2. Olahraga secara rutin

Kegiatan yang sangat disarankan untuk kesehatan tubuh adalah berolahraga. Olahraga memiliki beragam manfaat bagi tubuh, salah satunya menjaga keseimbangan kolesterol tubuh. Bagi Anda yang sudah mengetahui dan memahami apa itu LDL, lebih baik segera membuat agenda untuk berolahraga. Lakukan olahraga jenis apapun dengan minimal durasi 30 menit setiap hari.

3. Mengontrol asupan gula

Cara paling ampuh untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat ialah dengan mengontrol asupan gula. Kandungan gula yang tinggi dapat membuat hati memproduksi LDL lebih banyak.

Konsumsi gula berlebih juga beresiko menurunkan kadar kolesterol baik dan memperlambat kinerja enzim pemecah kolesterol trigliserida. Cara mengontrol asupan gula dalam tubuh adalah dengan membatasi karbohidrat dengan kandungan tepung, makanan cepat saji dan minuman berasa.

4. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah Anda. Asupan makanan yang kaya serat juga membantu menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan bakteri baik di dalamnya. Contoh makanan dengan kandungan serat tinggi yakni jenis  buah-buahan dan sayur-sayuran.

5. Beralih pada lemak tak jenuh

Cara mudah untuk menurunkan kolesterol jahat adalah memilih konsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh dalam makanan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan menambah kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sumber makanan lemak tak jenuh bisa Anda temukan pada kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, ikan tuna dan ikan salmon.

5 cara di atas sangat mudah untuk Anda praktekkan di rumah.  Jika belum, sebaiknya segera menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Pahami dengan baik juga apa itu LDL dan jangan menyepelekan kolesterol jahat tersebut. Selalu ingat bahwa kesehatan merupakan investasi paling berharga dalam hidup.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *