4 Jenis-Jenis Ban Motor dan Fungsinya

  • Whatsapp
4-Jenis-Jenis-Ban-Motor-dan-Fungsinya
Foto dari Canva Photos Unlimited

Ban merupakan bagian paling penting pada kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Khususnya ban motor, ada banyak sekali jenisnya dan dibedakan sesuai dengan fungsinya. Bagi Anda yang ingin melakukan perubahan pada ban, tentu harus mengenali dulu jenis-jenis ban motor, agar tidak salah pilih.

Jenis-Jenis Ban Motor untuk Pemakaian Sehari-hari

Tanpa ada ban, mustahil sebuah kendaraan bisa bergerak. Ban merupakan lapisan karet yang memiliki ketebalan tertentu yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan traksi roda. Performa sebuah kendaraan juga dipengaruhi oleh jenis ban yang digunakan, oleh karena itu kita harus memilih dengan benar sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah jenis-jenis ban motor.

1. Ban Sport Touring

Ban ini banyak sekali digunakan untuk motor-motor di jalanan. Cocok untuk kegiatan touring atau perjalanan jauh. Salah satu keunggulan dari ban ini adalah memiliki daya tahan yang cukup lama, namun dari segi cengkraman ke aspal, masih dirasa kurang. Hal tersebut dikarenakan ban ini menggunakan lapisan thread yang keras.

2. Ban Scooter

Sesuai dengan namanya, ban ini dikhususkan untuk motor matic. Memiliki diameter yang lebih kecil, yaitu 14 inci. Ban ini memiliki daya tahan yang cukup lama, namun lebih cepat dari pada jenis ban yang lain. Hal tersebut dikarenakan ukuran diameter yang kecil, akan membuat rotasi lebih cepat dibanding dengan jenis ban lain.

3. Ban Off Road

Ban ini khusus dibuat untuk motor-motor yang digunakan untuk off road, atau motor dengan medan keras, berlumpur, dan licin. Ban ini dibuat dengan memiliki tonjolan yang menghasilkan cengkraman maksimum. Tentunya, ban ini cocok untuk dipakai pada medan yang berlumpur, berbatu dan medan keras lain. Tidak dianjurkan untuk jalanan aspal yang halus.

4. Ban Cruiser

Jenis ban yang selanjutnya adalah ban cruiser. Ban ini banyak digunakan untuk motor-motor bebek atau underbone. Memiliki daya tahan yang cukup awet, karena terbuat dari material yang keras. Sama seperti ban touring, ban ini juga memiliki daya cengkram yang masih kurang menggigit. Sehingga, cocok untuk digunakan sehari-hari.

Itulah jenis-jenis ban motor yang banyak digunakan. Ban motor yang lainnya sebenarnya juga masih ada, namun tidak dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya seperti ban sport semi slick, ban racing tipe kering dan basah. Jadi, jika ingin memilih ban, pilih dari keempat jenis tersebut karena cocok untuk digunakan sehari-hari.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *